author-comments { background: # 333333; border: 2px solid # 666666; padding: 5px; } /* CSS easySlider */ #containerSlider { width:175px; height:120px; margin:0 0px; padding:0; position:relative; } #prevBtn, #nextBtn { display:block; margin:0; overflow:hidden; padding:0; text-indent:-8000px; } #slider ul, #slider li { list-style:none; margin:0; padding:0; text-indent:0; } #slider, #slider li { overflow:hidden; width:175px; height:120px; margin:0 auto; } #slider { margin-left:0; background:#ccc; border:1px solid #999; } #prevBtn, #nextBtn { display:block; height:34px; left:-20px; position:absolute; top:38px; width:31px; } #nextBtn { left:200px; } #prevBtn a, #nextBtn a { background:transparent url() no-repeat scroll 0 0; display:block; height:34px; width:31px; } #nextBtn a { background:transparent url() no-repeat scroll 0 0; } #slider img { background:#ccc; padding:0px; width:175px; height:120px; }
THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 05 Oktober 2013

CNBLUE, Dari Jalanan Hingga Panggung Internasional [Part 1]




From zero to hero, itulah secuil pepatah Barat yang sering ditujukan bagi orang-orang sukses yang mengawali semuanya dari nol, tak terkecuali CNBLUE.

Adalah CNBLUE, nama grup band asal Korea Selatan yang dikenal luas sejak awal tahun 2010. CNBLUE merupakan singkatan dari Code Name BLUE. B untuk Burning, L untuk Lovely, U untuk Untouchable, dan E untuk Emotional. Kode ini merupakan kata yang mendeskripsikan karakter masing-masing personilnya.

Bukan hal yang mudah untuk Burning Jonghyun sang gitaris, Lovely Minhyuk sang drummer, Untouchable Jungshin sang basis, dan Emotional Yonghwa sang vokalis untuk melebarkan sayap CNBLUE. Siapa sangka, band yang saat ini sedang sibuk melakukan tur dunianya, berawal dari jalanan dan tidak memiliki apa-apa.

Band ini berada di bawah naungan FNC Entertainment, manajeman yang menaungi band F.T Island, si pendahulunya. Berbeda dengan gaya debut band dan idol Kpop pada umumnya, FNC menerjunkan CNBLUE di jalanan-jalanan Jepang sebelum masuk ke pasar Korea Selatan.

Di jalanan itulah, CNBLUE bak pengamen biasa yang menggelar penampilan mini berharap orang-orang yang berlalu lalang memerhatikan mereka. Hanya bermodal musik, tanpa telepon, tanpa keluarga, dan tanpa kemampuan bahasa yang mumpuni, CNBLUE 'mengamen' di jalanan. Mengcover sejumlah lagu-lagu hits dari satu jalan ke jalan lain, dari satu stasiun ke stasiun lainnya.

Tahun 2009 merupakan sebuah titik harapan bagi para member CNBLUE ini. Debut di Jepang sebagai band indie membuat Yonghwa dan kawan-kawan memiliki semangat baru yang menggebu-gebu. Lewat mini album Now or Never, CNBLUE perlahan dikenal masyarakat.

Meski mini album Now or Never belum dianggap berhasil, CNBLUE tidak patah semangat. Melalui debut akting perdananya, Jung Yong Hwa kemudian membawa pengaruh yang besar terhadap CNBLUE. Lewat drama You're Beautiful, nama Yong Hwa kian melejit dan dikenal luas bukan hanya di Korea, tapi di mata penggemar drama Korea di seluruh dunia.

Banyak perubahan yang terjadi sejak perjalanan dari Jepang menuju Korea. Untouchable Jungshin merupakan anggota baru menggantikan Kwon Kwang Jin yang memegang bass sebelumnya. Begitu juga dengan Yonghwa yang baru menjadi seorang leader di Korea, setelah sebelumnya Jonghyun di Jepang.

Dari sanalah, perhatian para fans beralih pada band di mana Yonghwa bernaung, CNBLUE. Tak mau ketinggalan momen berharga, CNBLUE debut di Korea lewat lagu I'm a Loner dari mini album Bluetory. Lagu tersebut pun langsung duduk di posisi pertama sejumlah tangga lagu dan nama CNBLUE semakin hari semakin bersinar.

Setelah I'm a Loner, CNBLUE kembali menelurkan mini album BLUE LOVE yang ditulis langsung oleh para anggota CNBLUE. Mini album ini pun mendulang kesukesan yang sama dan membawa CNBLUE masuk ke pasar musik Asia yang lebih luas.

Album studio kedua, First Step (2011) juga sukses di pasaran. Single Intuition dari album ini memenangkan tangga lagu di 3 program musik stasiun TV terbesar di Korea. Lagu ini juga meraih penghargaan Digital Music Bonsang lewat ajang penghargaan Golden Disk Award 2012.

Saat ini, fans CNBLUE tersebar tidak hanya di Asia saja. CNBLUE selalu masuk ke posisi atas setiap kali menelurkan single terbaru. CNBLUE tengah sibuk menggelar tur dunia bertajuk 2013 CNBLUE BLUE MOON WORLD TOUR. CNBLUE akan menyapa para Boice, sebutan untuk fans CNBLUE di Jakarta pada 19 Oktober 2013 mendatang.


0 komentar:

 
Share

Get This