author-comments { background: # 333333; border: 2px solid # 666666; padding: 5px; } /* CSS easySlider */ #containerSlider { width:175px; height:120px; margin:0 0px; padding:0; position:relative; } #prevBtn, #nextBtn { display:block; margin:0; overflow:hidden; padding:0; text-indent:-8000px; } #slider ul, #slider li { list-style:none; margin:0; padding:0; text-indent:0; } #slider, #slider li { overflow:hidden; width:175px; height:120px; margin:0 auto; } #slider { margin-left:0; background:#ccc; border:1px solid #999; } #prevBtn, #nextBtn { display:block; height:34px; left:-20px; position:absolute; top:38px; width:31px; } #nextBtn { left:200px; } #prevBtn a, #nextBtn a { background:transparent url() no-repeat scroll 0 0; display:block; height:34px; width:31px; } #nextBtn a { background:transparent url() no-repeat scroll 0 0; } #slider img { background:#ccc; padding:0px; width:175px; height:120px; }
THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Jumat, 29 Juni 2012

f(x) Amber Mengeluh, “Aku Bukanlah Seorang Anak Laki-Laki”!

Pada 14 Juni lalu, f(x) tampil dalam program TV “M!Net Wide Open Studio” setelah satu tahun hiatus dan akhirnya comeback dengan mini-album “Electric Shock”.

Selama berlangsungnya acara, masing-masing member f(x) berbagi beberapa hal termasuk keluhan Amber yang mengungkapkan bahwa “Aku selalu dipanggil dengan sebutan “Amber si anak laki-laki”. Meskipun aku berperilaku dan terlihat seperti itu tapi, aku bukanlah seorang anak laki-laki. Mendengar hal ini, MC acara langsung mengatakan pada pemirsa bahwa, Sekarang kalian semua tahu yang sebenarnya, kan?“.

Selain Amber, Luna dan Victoria juga mengungkap cerita tersendiri. Luna mengungkap jika ada sebuah game dengan nama yang sama dengan namanya sehingga jika seseorang mengetik kata Luna di portal internet, game itu akan keluar sebagai hasil pencarian. Masih dengan kasus pencarian nama di Internet, Victoria juga berbagi cerita seputar namanya yang disangkut-pautkan dengan Victoria Beckham.
Sementara itu, f(x) sendiri saat ini tengah menjalani masa promosi mini-album “Electric Shock” dengan tampil diberbagai program TV dan acara-acara musik Korea.

Senin, 04 Juni 2012

Park Ji-Sung Ajak Kencan Personel SNSD

Kompetisi ketat Premier League yang diarungi Park Ji-Sung bersama Manchester United bukan berarti membuatnya buta soal perkembangan dunia hiburan Korea. Kapten timnas Korea Selatan itu mengakui menyukai dan ingin bertemu dengan salah satu personel girlband terkenal di Korsel, SNSD.



Hal itu diungkapkan gelandang berusia 31 tahun itu saat menjadi pembawa acara untuk menggantikan MC sebelumnya, Yoo Jae Suk dalam sebuah reality show 'SBS Running Man' yang tayang di stasiun televisi Korea, Minggu, 3 Juni kemarin. Acara itu sendiri menceritakan tentang sebuah misi bertahan di Thailand.

Namun saat sedang membawakan acara, Ji Sung diharuskan untuk ikut berpartisipasi dalam sebuah kuis 'tipe ideal sedunia'. Di mana dia harus memilih siapa yang terbaik di antara empat kelompok girlbands terpopuler di Korea saat ini. Yaitu, Girls Generation (SNSD), Miss A, Wonder Girls, dan KARA.

Ji Sung tanpa ragu menjawab SNSD. Namun pertanyaan selanjutnya sempat membuat Ji Sung salah tingkah. Karena dia harus menyebutkan siapa anggota SNSD yang paling dia sukai.

"Ini sulit. Saya benar-benar tidak bisa memilih," ujar mantan pemain PSV Eindhoven ini seperti dilansir Allkpop, Senin, 4 Juni 2012. Namun setelah berpikir sejenak, Park Ji Sung dengan tegas mengaku dirinya sangat menyukai Yoona.

Meski terkesan malu-malu, Ji Sung dalam acara tersebut bahkan menyempatkan diri mengirim video rekaman dirinya untuk mengajak kencan Yoona. "Yoona, Oppa (julukan Park Ji Sung) saat ini sedang libur kompetisi. Apakah kamu punya waktu untuk bertemu?" tanya Ji Sung yang langsung disambut tawa.
Yoona merupakan salah satu personel yang kecantikannya paling menonjol di SNSD. Sehingga tidak heran penyanyi kelahiran 1990 itu yang paling banyak digila-gilai oleh kaum adam ketimbang personel SNSD lainnya. (irb)

6. (Domain Name System; DNS)

Sistem Penamaan Domain ; SNR (bahasa Inggris: (Domain Name System; DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.
DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk Internet, ketika perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat surel. Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet dimana saat pengguna mengetikkan www.indosat.net.id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6).


Sejarah singkat DNS

Penggunaan nama sebagai pengabstraksi alamat mesin di sebuah jaringan komputer yang lebih dikenal oleh manusia mengalahkan TCP/IP, dan kembali ke zaman ARPAnet. Dahulu, seluruh komputer di jaringan komputer menggunakan file HOSTS.TXT dari SRI (sekarang SIR International), yang memetakan sebuah alamat ke sebuah nama (secara teknis, file ini masih ada - sebagian besar sistem operasi modern menggunakannya dengan baik secara baku maupun melalui cara konfigurasi, dapat melihat Hosts file untuk menyamakan sebuah nama host menjadi sebuah alamat IP sebelum melakukan pencarian via DNS). Namun, sistem tersebut di atas mewarisi beberapa keterbatasan yang mencolok dari sisi prasyarat, setiap saat sebuah alamat komputer berubah, setiap sistem yang hendak berhubungan dengan komputer tersebut harus melakukan update terhadap file Hosts.
Dengan berkembangnya jaringan komputer, membutuhkan sistem yang bisa dikembangkan: sebuah sistem yang bisa mengganti alamat host hanya di satu tempat, host lain akan mempelajari perubaha tersebut secara dinamis. Inilah DNS.
Paul Mockapetris menemukan DNS di tahun 1983; spesifikasi asli muncul di RFC 882 dan 883. Tahun 1987, penerbitan RFC 1034 dan RFC 1035 membuat update terhadap spesifikasi DNS. Hal ini membuat RFC 882 dan RFC 883 tidak berlaku lagi. Beberapa RFC terkini telah memproposikan beberapa tambahan dari protokol inti DNS.

Para Pemain Inti

Pengelola dari sistem DNS terdiri dari tiga komponen:
  • DNS resolver, sebuah program klien yang berjalan di komputer pengguna, yang membuat permintaan DNS dari program aplikasi.
  • recursive DNS server, yang melakukan pencarian melalui DNS sebagai tanggapan permintaan dari resolver, dan mengembalikan jawaban kepada para resolver tersebut;
dan ...
  • authoritative DNS server yang memberikan jawaban terhadap permintaan dari recursor, baik dalam bentuk sebuah jawaban, maupun dalam bentuk delegasi (misalkan: mereferensikan ke authoritative DNS server lainnya)

Pengertian beberapa bagian dari nama domain

 

Sebuah nama domain biasanya terdiri dari dua bagian atau lebih (secara teknis disebut label), dipisahkan dengan titik.
  • Label paling kanan menyatakan top-level domain - domain tingkat atas/tinggi (misalkan, alamat www.wikipedia.org memiliki top-level domain org).
  • Setiap label di sebelah kirinya menyatakan sebuah sub-divisi atau subdomain dari domain yang lebih tinggi. Catatan: "subdomain" menyatakan ketergantungan relatif, bukan absolut. Contoh: wikipedia.org merupakan subdomain dari domain org, dan id.wikipedia.org dapat membentuk subdomain dari domain wikipedia.org (pada praktiknya, id.wikipedia.org sesungguhnya mewakili sebuah nama host - lihat dibawah). Secara teori, pembagian seperti ini dapat mencapai kedalaman 127 level, dan setiap label dapat terbentuk sampai dengan 63 karakter, selama total nama domain tidak melebihi panjang 255 karakter. Tetapi secara praktik, beberapa pendaftar nama domain (domain name registry) memiliki batas yang lebih sedikit.
  • Terakhir, bagian paling kiri dari bagian nama domain (biasanya) menyatakan nama host. Sisa dari nama domain menyatakan cara untuk membangun jalur logis untuk informasi yang dibutuhkan; nama host adalah tujuan sebenarnya dari nama sistem yang dicari alamat IP-nya. Contoh: nama domain www.wikipedia.org memiliki nama host "www".
DNS memiliki kumpulan hierarki dari DNS servers. Setiap domain atau subdomain memiliki satu atau lebih authoritative DNS Servers (server DNS otorisatif) yang mempublikasikan informasi tentang domain tersebut dan nama-nama server dari setiap domain di-"bawah"-nya. Pada puncak hirarki, terdapat root servers- induk server nama: server yang ditanyakan ketika mencari (menyelesaikan/resolving) dari sebuah nama domain tertinggi (top-level domain).

Sebuah contoh dari teori rekursif DNS

Sebuah contoh mungkin dapat memperjelas proses ini. Andaikan ada aplikasi yang memerlukan pencarian alamat IP dari www.wikipedia.org. Aplikasi tersebut bertanya ke DNS recursor lokal.
  • Sebelum dimulai, recursor harus mengetahui dimana dapat menemukan root nameserver; administrator dari recursive DNS server secara manual mengatur (dan melakukan update secara berkala) sebuah file dengan nama root hints zone (panduan akar DNS) yang menyatakan alamat-alamt IP dari para server tersebut.
  • Proses dimulai oleh recursor yang bertanya kepada para root server tersebut - misalkan: server dengan alamat IP "198.41.0.4" - pertanyaan "apakah alamat IP dari www.wikipedia.org?"
  • Root server menjawab dengan sebuah delegasi, arti kasarnya: "Saya tidak tahu alamat IP dari www.wikipedia.org, tapi saya "tahu" bahwa server DNS di 204.74.112.1 memiliki informasi tentang domain org."
  • Recursor DNS lokal kemudian bertanya kepada server DNS (yaitu: 204.74.112.1) pertanyaan yang sama seperti yang diberikan kepada root server. "apa alamat IP dari www.wikipedia.org?". (umumnya) akan didapatkan jawaban yang sejenis, "saya tidak tahu alamat dari www.wikipedia.org, tapi saya "tahu" bahwa server 207.142.131.234 memiliki informasi dari domain wikipedia.org."
  • Akhirnya, pertanyaan beralih kepada server DNS ketiga (207.142.131.234), yang menjawab dengan alamat IP yang dibutuhkan.
Proses ini menggunakan pencarian rekursif (recursion / recursive searching).

Pengertian pendaftaran domain dan glue records

Membaca contoh di atas, Anda mungkin bertanya: "bagaimana caranya DNS server 204.74.112.1 tahu alamat IP mana yang diberikan untuk domain wikipedia.org?" Pada awal proses, kita mencatat bahwa sebuah DNS recursor memiliki alamat IP dari para root server yang (kurang-lebih) didata secara explisit (hard coded). Mirip dengan hal tersebut, server nama (name server) yang otoritatif untuk top-level domain mengalami perubahan yang jarang.
Namun, server nama yang memberikan jawaban otorisatif bagi nama domain yang umum mengalami perubahan yang cukup sering. Sebagai bagian dari proses pendaftaran sebuah nama domain (dan beberapa waktu sesudahnya), pendaftar memberikan pendaftaran dengan server nama yang akan mengotorisasikan nama domain tersebut; maka ketika mendaftar wikipedia.org, domain tersebut terhubung dengan server nama gunther.bomis.com dan zwinger.wikipedia.org di pendaftar .org. Kemudian, dari contoh di atas, ketika server dikenali sebagai 204.74.112.1 menerima sebuah permintaan, DNS server memindai daftar domain yang ada, mencari wikipedia.org, dan mengembalikan server nama yang terhubung dengan domain tersebut.
Biasanya, server nama muncul berdasarkan urutan nama, selain berdasarkan alamat IP. Hal ini menimbulkan string lain dari permintaan DNS untuk menyelesaikan nama dari server nama; ketika sebuah alamat IP dari server nama mendapatkan sebuah pendaftaran di zona induk, para programmer jaringan komputer menamakannya sebuah glue record.

DNS dalam praktik

Ketika sebuah aplikasi (misalkan web broswer), hendak mencari alamat IP dari sebuah nama domain, aplikasi tersebut tidak harus mengikuti seluruh langkah yang disebutkan dalam teori di atas. Kita akan melihat dulu konsep caching, lalu mengertikan operasi DNS di "dunia nyata".

Caching dan masa hidup (caching and time to live)

Karena jumlah permintaan yang besar dari sistem seperti DNS, perancang DNS menginginkan penyediaan mekanisme yang bisa mengurangi beban dari masing-masing server DNS. Rencana mekanisnya menyarankan bahwa ketika sebuah DNS resolver (klien) menerima sebuah jawaban DNS, informasi tersebut akan di cache untuk jangka waktu tertentu. Sebuah nilai (yang di-set oleh administrator dari server DNS yang memberikan jawaban) menyebutnya sebagai time to live (masa hidup), atau TTL yang mendefinisikan periode tersebut. Saat jawaban masuk ke dalam cache, resolver akan mengacu kepada jawaban yang disimpan di cache tersebut; hanya ketika TTL usai (atau saat administrator mengosongkan jawaban dari memori resolver secara manual) maka resolver menghubungi server DNS untuk informasi yang sama.

Waktu propagasi (propagation time)

Satu akibat penting dari arsitektur tersebar dan cache adalah perubahan kepada suatu DNS terkadang efektif secara langsung dalam skala besar/global. Contoh berikut mungkin akan menjelaskannya: Jika seorang administrator telah mengatur TTL selama 6 jam untuk host www.wikipedia.org, kemudian mengganti alamat IP dari www.wikipedia.org pada pk 12:01, administrator harus mempertimbangkan bahwa ada (paling tidak) satu individu yang menyimpan cache jawaban dengan nilai lama pada pk 12:00 yang tidak akan menghubungi server DNS sampai dengan pk 18:00. Periode antara pk 12:00 dan pk 18:00 dalam contoh ini disebut sebagai waktu propagasi (propagation time), yang bisa didefiniskan sebagai periode waktu yang berawal antara saat terjadi perubahan dari data DNS, dan berakhir sesudah waktu maksimum yang telah ditentukan oleh TTL berlalu. Ini akan mengarahkan kepada pertimbangan logis yang penting ketika membuat perubahan kepada DNS: tidak semua akan melihat hal yang sama seperti yang Anda lihat. RFC1537 dapat membantu penjelasan ini.

DNS di dunia nyata

Di dunia nyata, user tidak berhadapan langsung dengan DNS resolver - mereka berhadapan dengan program seperti web brower (Mozilla Firefox, Safari, Opera, Internet Explorer, Netscape, Konqueror dan lain-lain dan klien mail (Outlook Express, Mozilla Thunderbird dan lain-lain). Ketika user melakukan aktivitas yang meminta pencarian DNS (umumnya, nyaris semua aktivitas yang menggunakan Internet), program tersebut mengirimkan permintaan ke DNS Resolver yang ada di dalam sistem operasi.
DNS resolver akan selalu memiliki cache (lihat di atas) yang memiliki isi pencarian terakhir. Jika cache dapat memberikan jawaban kepada permintaan DNS, resolver akan menggunakan nilai yang ada di dalam cache kepada program yang memerlukan. Kalau cache tidak memiliki jawabannya, resolver akan mengirimkan permintaan ke server DNS tertentu. Untuk kebanyakan pengguna di rumah, Internet Service Provider(ISP) yang menghubungkan komputer tersebut biasanya akan menyediakan server DNS: pengguna tersebut akan mendata alamat server secara manual atau menggunakan DHCP untuk melakukan pendataan tersebut. Namun jika administrator sistem / pengguna telah mengkonfigurasi sistem untuk menggunakan server DNS selain yang diberikan secara default oleh ISP misalnya seperti Google Public DNS ataupun OpenDNS[1], maka DNS resolver akan mengacu ke DNS server yang sudah ditentukan. Server nama ini akan mengikuti proses yang disebutkan di Teori DNS, baik mereka menemukan jawabannya maupun tidak. Hasil pencarian akan diberikan kepada DNS resolver; diasumsikan telah ditemukan jawaban, resolver akan menyimpan hasilnya di cache untuk penggunaan berikutnya, dan memberikan hasilnya kepada software yang meminta pencarian DNS tersebut.
Sebagai bagian akhir dari kerumitan ini, beberapa aplikasi seperti web browser juga memiliki DNS cache mereka sendiri, tujuannya adalah untuk mengurangi penggunaan referensi DNS resolver, yang akan meningkatkan kesulitan untuk melakukan debug DNS, yang menimbulkan kerancuan data yang lebih akurat. Cache seperti ini umumnya memiliki masa yang singkat dalam hitungan 1 menit.

Penerapan DNS lainnya

Sistem yang dijabarkan di atas memberikan skenario yang disederhanakan. DNS meliputi beberapa fungsi lainnya:
  • Nama host dan alamat IP tidak berarti terhubung secara satu-banding-satu. Banyak nama host yang diwakili melalui alamat IP tunggal: gabungan dengan pengasuhan maya (virtual hosting), hal ini memungkinkan satu komputer untuk malayani beberapa situs web. Selain itu, sebuah nama host dapat mewakili beberapa alamat IP: ini akan membantu toleransi kesalahan (fault tolerance dan penyebaran beban (load distribution), juga membantu suatu situs berpindah dari satu lokasi fisik ke lokasi fisik lainnya secara mudah.
  • Ada cukup banyak kegunaan DNS selain menerjemahkan nama ke alamat IP. Contoh:, agen pemindahan surat Mail transfer agents(MTA) menggunakan DNS untuk mencari tujuan pengiriman E-mail untuk alamat tertentu. Domain yang menginformasikan pemetaan exchange disediakan melalui rekod MX (MX record) yang meningkatkan lapisan tambahan untuk toleransi kesalahan dan penyebaran beban selain dari fungsi pemetaan nama ke alamat IP.
  • Kerangka Peraturan Pengiriman (Sender Policy Framework) secara kontroversi menggunakan keuntungan jenis rekod DNS, dikenal sebagai rekod TXT.
  • Menyediakan keluwesan untuk kegagalan komputer, beberapa server DNS memberikan perlindungan untuk setiap domain. Tepatnya, tigabelas server akar (root servers) digunakan oleh seluruh dunia. Program DNS maupun sistem operasi memiliki alamat IP dari seluruh server ini. Amerika Serikat memiliki, secara angka, semua kecuali tiga dari server akar tersebut. Namun, dikarenakan banyak server akar menerapkan anycast, yang memungkinkan beberapa komputer yang berbeda dapat berbagi alamat IP yang sama untuk mengirimkan satu jenis services melalui area geografis yang luas, banyak server yang secara fisik (bukan sekedar angka) terletak di luar Amerika Serikat.
DNS menggunakan TCP dan UDP di port komputer 53 untuk melayani permintaan DNS. Nyaris semua permintaan DNS berisi permintaan UDP tunggal dari klien yang dikuti oleh jawaban UDP tunggal dari server. Umumnya TCP ikut terlibat hanya ketika ukuran data jawaban melebihi 512 byte, atau untuk pertukaaran zona DNS zone transfer

Jenis-jenis catatan DNS

Beberapa kelompok penting dari data yang disimpan di dalam DNS adalah sebagai berikut:
  • A record atau catatan alamat memetakan sebuah nama host ke alamat IP 32-bit (untuk IPv4).
  • AAAA record atau catatan alamat IPv6 memetakan sebuah nama host ke alamat IP 128-bit (untuk IPv6).
  • CNAME record atau catatan nama kanonik membuat alias untuk nama domain. Domain yang di-alias-kan memiliki seluruh subdomain dan rekod DNS seperti aslinya.
  • [MX record]]' atau catatan pertukaran surat memetakan sebuah nama domain ke dalam daftar mail exchange server untuk domain tersebut.
  • PTR record atau catatan penunjuk memetakan sebuah nama host ke nama kanonik untuk host tersebut. Pembuatan rekod PTR untuk sebuah nama host di dalam domain in-addr.arpa yang mewakili sebuah alamat IP menerapkan pencarian balik DNS (reverse DNS lookup) untuk alamat tersebut. Contohnya (saat penulisan / penerjemahan artikel ini), www.icann.net memiliki alamat IP 192.0.34.164, tetapi sebuah rekod PTR memetakan ,,164.34.0.192.in-addr.arpa ke nama kanoniknya: referrals.icann.org.
  • NS record atau catatan server nama memetakan sebuah nama domain ke dalam satu daftar dari server DNS untuk domain tersebut. Pewakilan bergantung kepada rekod NS.
  • SOA record atau catatan otoritas awal (Start of Authority) mengacu server DNS yang mengediakan otorisasi informasi tentang sebuah domain Internet.
  • SRV record adalah catatan lokasi secara umum.
  • Catatan TXT mengijinkan administrator untuk memasukan data acak ke dalam catatan DNS; catatan ini juga digunakan di spesifikasi Sender Policy Framework.
Jenis catatan lainnya semata-mata untuk penyediaan informasi (contohnya, catatan LOC memberikan letak lokasi fisik dari sebuah host, atau data ujicoba (misalkan, catatan WKS memberikan sebuah daftar dari server yang memberikan servis yang dikenal (well-known service) seperti HTTP atau POP3 untuk sebuah domain.

Nama domain yang diinternasionalkan

Nama domain harus menggunakan satu sub-kumpulan dari karakter ASCII, hal ini mencegah beberapa bahasa untuk menggunakan nama maupun kata lokal mereka. ICANN telah menyetujui Punycode yang berbasiskan sistem IDNA, yang memetakan string Unicode ke karakter set yang valid untuk DNS, sebagai bentuk penyelesaian untuk masalah ini, dan beberapa registries sudah mengadopsi metode IDNS ini.

Perangkat lunak DNS

Beberapa jenis perangkat lunak yang menerapkan metode DNS, di antaranya:
Utiliti berorientasi DNS termasuk:
  • dig (domain information groper)

Pengguna legal dari domain

Pendaftar (registrant)

Tidak satupun individu di dunia yang "memiliki" nama domain kecuali Network Information Centre (NIC), atau pendaftar nama domain (domain name registry). Sebagian besar dari NIC di dunia menerima biaya tahunan dari para pengguna legal dengan tujuan bagi si pengguna legal menggunakan nama domain tersebut. Jadi sejenis perjanjian sewa-menyewa terjadi, bergantung kepada syarat dan ketentuan pendaftar. Bergantung kepada beberpa peraturan penamaan dari para pendaftar, pengguna legal dikenal sebagai "pendaftar" (registrants) atau sebagai "pemegang domain" (domain holders)
ICANN memegang daftar lengkap untuk pendaftar domain di seluruh dunia. Siapapun dapat menemukan pengguna legal dari sebuah domain dengan mencari melalui basis data WHOIS yang disimpan oleh beberpa pendaftar domain.
Di (lebih kurang) 240 country code top-level domains (ccTLDs), pendaftar domain memegang sebuah acuan WHOIS (pendaftar dan nama server). Contohnya, IDNIC, NIC Indonesia, memegang informasi otorisatif WHOIS untuk nama domain .ID.
Namun, beberapa pendaftar domain, seperti VeriSign, menggunakan model pendaftar-pengguna. Untuk nama domain .COM dan .NET, pendaftar domain, VeriSign memegang informasi dasar WHOIS )pemegang domain dan server nama). Siapapun dapat mencari detail WHOIS (Pemegang domain, server nama, tanggal berlaku, dan lain sebagainya) melalui pendaftar.
Sejak sekitar 2001, kebanyakan pendaftar gTLD (.ORG, .BIZ, .INFO) telah mengadopsi metode penfatar "tebal", menyimpan otoritatif WHOIS di beberapa pendaftar dan bukan pendaftar itu saja.

Kontak Administratif (Administrative Contact)

Satu pemegang domain biasanya menunjuk kontak administratif untuk menangani nama domain. Fungsi manajemen didelegasikan ke kontak administratif yang mencakup (diantaranya):
  • keharusan untuk mengikuti syarat dari pendaftar domain dengan tujuan memiliki hak untuk menggunakan nama domain
  • otorisasi untuk melakukan pemutakhiran ke alamat fisik, alamat surel dan nomor telepon dan lain sebagainya via WHOIS

Kontak Teknis (Technical Contact)

Satu kontak teknis menangani server nama dari sebuah nama domain. Beberapa dari banyak fungsi kontak teknis termasuk:
  • memastikan bahwa konfigurasi dari nama domain mengikuti syarat dari pendaftar domain
  • pemutakhiran zona domain
  • menyediakan fungsi 24x7 untuk ke server nama (yang membuat nama domain bisa diakses)

Kontak Pembayaran (Billing Contact)

Tidak perlu dijelaskan, pihak ini adalah yang menerima tagihan dari NIC.

Server Nama (Name Servers)

Disebut sebagai server nama otoritatif yang mengasuh zona nama domain dari sebuah nama domain.

Politik

Banyak penyelidikan telah menyuarakan kritik dari metode yang digunakan sekarang untuk mengatur kepemilikan domain. Umumnya, kritik mengklaim penyalahgunaan dengan monopoli, seperti VeriSign Inc dan masalah-masalah dengan penunjukkan dari top-level domain (TLD). Lembaga international ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) memelihara industri nama domain.
sumber: 
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Penamaan_Domain

4. Spamming

Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Orang yang melakukan spam disebut spammer. Tindakan spam dikenal dengan nama spamming
Bentuk spam yang dikenal secara umum meliputi : spam surat elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam wiki, spam iklan baris daring, spam jejaring sosial.
Beberapa contoh lain dari spam, yaitu pos-el berisi iklan, surat masa singkat (SMS) pada telepon genggam, berita dalam suatu forum kelompok warta berisi promosi barang yang tidak terkait dengan kegiatan kelompok warta tersebut, spamdexing yang menguasai suatu mesin pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu, berita yang tak berguna dan masuk dalam blog, buku tamu situs web, spam transmisi faks, iklan televisi dan spam jaringan berbagi.
Spam dikirimkan oleh pengiklan dengan biaya operasional yang sangat rendah, karena spam tidak memerlukan senarai (mailing list) untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan. Karena hambatan masuk yang rendah, maka banyak spammers yang muncul dan jumlah pesan yang tidak diminta menjadi sangat tinggi. Akibatnya, banyak pihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet itu sendiri, ISP (Penyelenggara Jasa Internet atau Internet Service Provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman. Spam sering mengganggu dan terkadang menipu penerimanya. Berita spam termasuk dalam kegiatan melanggar hukum dan merupakan perbuatan pidana yang bisa ditindak melalui undang-undang Internet.


Bentuk Spam

 

Surat Elektronik

Spam surat elektronik, yang dikenal sebagai surat elektronik massal yang tidak diminta (unsocialicited bulk email atau UBE), junk mail, atau surat elektronik komersial yang tidak diminta (unsocialited commercial email atau UCE), adalah praktik pengiriman pesan dalam surat elektronik yang tidak diinginkan, sering bersifat komersial, dan masuk dalam jumlah besar kepada siapa pun. Spam di surat elektronik mulai menjadi masalah ketika internet dibuka untuk umum pada pertengahan 1990-an. Pertumbuhan yang pesat dari tahun ke tahun hingga saat ini telah menghasilkan spam 80% – 85% dari seluruh surat elektronik di dunia. Tekanan untuk membuat spam surat elektronik telah berhasil di beberapa negara hukum. Spammers mengambil keuntungan dari fakta ini dengan sering mengirimkan spam ke negara lain sehingga tidak akan membuat mereka bermasalah secara hukum.
Dalam perkembangannya, spam surat elektronik saat ini dikirim melalui "jaringan zombie", jaringan virus yang terinfeksi di komputer pribadi baik rumah atau di kantor di seluruh dunia. Hal ini mempersulit upaya untuk mengontrol penyebaran spam, seperti banyak kasus di mana spam tidak berasal dari spammers. Munculnya banyak spam yang bukan dari spammers dikarenakan pembuat perangkat perusak, spammers, dan penipu keuangan belajar satu sama lain sehingga memungkinkan mereka membentuk berbagai jenis kerja sama.

Pesan instan

Spam pesan instan memanfaatkan sistem dari pesan instan. Meskipun memiliki banyak kekurangan dibandingkan surat elektronik, menurut laporan dari Ferris Research, 500 juta spam pesan instan yang dikirim pada tahun 2003, jumlahnya naik dua kali lipat dibanding tahun 2002. Spam pesan instan cenderung tidak diblokir oleh firewall sehingga saluran ini sangat berguna bagi para spammers.

Usenet Newsgroup dan forum

Spam newsgroup adalah jenis spam yang sasarannya adalah usenet newsgroup. Jenis spam ini sebenarnya merupakan spam sebelum spam surat elektronik. Spam ini sering masuk secara berulang dengan subtansi pesan yang sama.
Spam forum adalah menciptakan pesan berupa iklan atau pesan yang tidak diinginkan di forum internet. Umumnya, spam ini dilakukan oleh robot spam otomatis. Kebanyakan spam di forum terdiri dari link ke situs eksternal, dengan tujuan selain untuk meningkatkan visibilitas mesin pencari di daerah sangat kompetitif seperti penurunan berat badan, obat-obatan, perjudian, pornografi atau pinjaman, juga untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas dalam situs web komersial itu.

Telepon genggam

Spam telepon genggam diarahkan pada layanan pesan teks di ponsel. Spam ini bisa sangat mengganggu pelanggan karena bukan hanya masalah ketidaknyamanan, tetapi juga karena biaya yang mungkin dikenakan dari setiap pesan teks yang diterima. Istilah "kejang" diciptakan di website iklan Adland pada tahun 2000 untuk menggambarkan pesan teks spam.

Permainan Daring

Banyak permainan daring yang memungkinkan pemain untuk menghubungi satu sama lain melalui pesan, ruang diskusi, atau area diskusi publik. Syarat yang harus dipenuhi sebagai spam bervariasi dari setiap permainan, tetapi biasanya istilah ini berlaku untuk semua bentuk pesan massal dan melanggar syarat-syarat kontrak jasa untuk situs web. Hal ini sangat umum ditemui adalah perdagangan uang secara nyata. Spammers untuk jenis ini mencoba untuk menjual permainan yang berhubungan dengan barang dan uang dalam dunia nyata. Mereka mengirim spam melalui sistem pesan dalam permainan atau bisa juga mematikan permainan kemudian membawa pemain ke situs web penjualan. Spam dapat mengganggu permainan sehingga spam tidak disarankan oleh pengembang permainan daring.

Mesin pencari informasi web (web search engine spam)

Spam ini disebut juga spamdexing, singkatan dari spamming dan indexing. Spamdexing ini mengacu pada praktek di WWW dari modifikasi halaman HTML untuk meningkatkan kesempatan mereka dalam menempatkan spam di mesin pencari dengan relevansi paling tinggi. Banyak mesin pencari modern memodifikasi pencarian algoritma mereka untuk mencoba mengecualikan halaman web menggunakan taktik spamdexing. Misalnya, mesin pencari akan mendeteksi kata kunci yang berulang sebagai spam dengan menggunakan analisis tata bahasa. Jika pemiliki web ditemukan memiliki spam untuk meningkatkan halaman palsu tersebut, situs web dapat dikenakan sanksi oleh mesin pencari.

Blog, wiki, dan buku tamu

Spam blog atau “blam” secara singkat adalah spam pada weblog. Pada tahun 2003, jenis spam ini mengambil keuntungan dari komentar terbuka dalam blog perangkat lunak Movable Type dengan berulang kali menempatkan komentar untuk berbagai posting blog. Serangan serupa sering dilakukan terhadap wiki dan buku tamu, keduanya menerima kontribusi pengguna.

Bentuk non-komersial

Surat elektronik dan bentuk lain dari spam telah juga digunakan untuk tujuan selain iklan. Penggunaan awal spam berkaitan dengan agama dan politik. Serdar Argic, misalnya, menggunakan spam usenet untuk revisionis sejarah. Beberapa penginjil telah menggunakan spam usenet dan surat elektronik untuk menyebarkan khotbah. Dengan berkembangnya spam, semakin banyak penjahat yang menggunakan spam untuk berbagai macam penipuan. Dalam beberapa kasus spammers menggunakannya untuk menarik orang menuju suatu tempat, melakukan penculikan dan meminta tebusan, bahkan korban dibunuh jika tidak segera memberi tebusan.

Biaya

Internal Market Commision Uni Eropa memperkirakan pada tahun 2001 biaya penggunaan spam surat elektronik adalah 10 milyar € per tahun di seluruh dunia. Legislatif California menemukan bahwa biaya spam organisasi Amerika Serikat saja lebih dari $ 13 milyar pada tahun 2007, termasuk di dalamnya kehilangan produktivitas dan peralatan, perangkat lunak, dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah. Efek langsung spam mencakup konsumsi dari komputer dan jaringan sumber daya, dan biaya terkait waktu dan perhatian untuk mengabaikan pesan yang tidak diinginkan.
Selain itu, spam memiliki biaya yang berasal dari jenis-jenis pesan spam yang dikirim, dari cara spammers mengirim pesan, dan dari perlombaan antara spammers dan mereka yang mencoba untuk menghentikan atau mengendalikan spam. Selain itu, ada biaya kesempatan dari mereka yang melupakan penggunaan sistem spam. Ada biaya langsung, serta biaya tidak langsung yang ditanggung korban- keduanya yang berkaitan dengan spam itu sendiri, dan untuk kejahatan lain yang biasa menyertainya, seperti pencurian keuangan, pencurian identitas, pencurian data, dan pencurian kemampuan intelektual, virus dan infeksi perangkat lunak, pornografi anak, penipuan, dan pemasaran yang menipu.
Biaya untuk penyedia mesin pencari ini bukan tidak signifikan. Metode spammers juga mahal. Karena spam bertentangan dengan sebagian besar kebijakan penyelenggara jasa internet (PJI), sebagian besar spammers selama bertahun-tahun menuju ke beberapa kesulitan untuk menyembunyikan asal-usul spam mereka. Surat elektronik, usenet, dan spam pesan instan sering dikirim melalui proxy server yang tidak aman milik pihak ketiga yang tidak bersedia. Spammers sering menggunakan nama palsu, alamat, nomor telepon, dan informasi lainnya untuk membuat rekening sekali pakai di berbagai penyedia layanan internet. Dalam beberapa kasus, mereka telah memalsukan atau mencuri nomor kartu kredit untuk membayar akun tersebut. Hal ini memungkinkan mereka cepat berpindah dari satu akun ke akun berikutnya karena telah ditemukan dan dimatikan oleh PJI.
Biaya spam juga termasuk biaya jaminan dari perjuangan antara spammers, para administrator dan pengguna media yang terancam oleh spam. Banyak pengguna terganggu oleh spam karena berkenaan pada jumlah waktu yang mereka gunakan untuk membaca surat elektronik. Beberapa isi dari spam sering menyinggung, pornografi merupakan salah satu produk yang paling sering diiklankan. Spammers mengirim sebagian besar spam mereka tanpa pandang bulu, sehingga iklan porno mungkin muncul di pesan masuk dalam surat elektronik di tempat kerja dan bahkan anak-anak. Akhir-akhir ini, telah terjadi peningkatan spam iklan di situs web yang berisi pornografi anak.
Beberapa spammers berpendapat bahwa sebagian besar biaya-biaya ini mungkin bisa diatasi dengan mengganti PJI spammers. Ada tiga masalah dengan logika ini, yaitu pertama, tingkat penggantian itu biayanya dipercaya tidak cukup tinggi untuk membayar biaya langsung; kedua, biaya manusia (surat kehilangan, kehilangan waktu, dan kesempatan yang hilang) pada dasarnya tidak bisa diperoleh kembali; ketiga, spammers sering menggunakan rekening bank dan mencuri kartu kredit untuk membiayai operasi mereka.
Spam surat elektronik mencontohkan: penggunaan sumber daya spammers (baik fisik dan manusia) yang tidak menanggung seluruh biaya sumber daya itu. Pada kenyataannya, spammers biasanya tidak dikenakan biaya sama sekali. Hal ini menimbulkan kenaikan biaya bagi semua orang. Dalam beberapa cara spam adalah ancaman potensial bagi seluruh sistem surat elektronik, seperti yang dioperasikan di masa lalu. Sejak mengirim surat elektronik sangat murah, sejumlah kecil spammers bisa menjenuhkan internet dengan junk mail. Meskipun hanya sebagian kecil dari target mereka yang termotivasi untuk membeli produk mereka (atau menjadi korban penipuan mereka), dengan biaya rendah dapat memberikan tingkat konversi yang cukup untuk menjaga spamming hidup. Selanjutnya, meskipun spam tidak muncul secara ekonomi sebagai cara sebuah perusahaan terkemuka untuk melakukan bisnis, hal itu sudah cukup bagi para spammers profesional untuk meyakinkan sebagian kecil pengiklan bahwa itu adalah layak bagi spammers untuk bertahan dalam bisnis. Akhirnya, spammers baru masuk ke bisnis setiap hari, dan biaya rendah memungkinkan spammers tunggal untuk melakukan banyak kejahatan sebelum akhirnya menyadari bahwa usaha ini tidak menguntungkan.
Sifat rahasia dari cara kerja spam membuat sulit untuk menentukan bagaimana berkembangnya spammers individu tersebut. Hal ini membuat spammers sulit untuk dilacak, diblok atau dihindari. Selain itu, spammers dapat menargetkan jaringan yang berbeda untuk luasan yang berbeda, tergantung pada seberapa sukses merek menyerang target. Dengan demikian diperlukan sumber daya yang benar-benar dapat bekerja untuk mengukur jumlah spam yang dihasilkan oleh satu orang atau kelompok. Misalnya, menggunakan perangkat keras anti-spam umum, perangkat lunak atau layanan yang memberikan kesempatan untuk pelacakan tersebut.

[sunting] Biaya umum

Dalam semua kasus baik komersial maupun non-komersial, kehadiran spam masih ditemukan karena analisis manfaat biaya yang postif jika biaya penerima tidak termasuk sebagai ekternalistas, spammers dapat menghindari pembayaran.
Biaya merupakan kombinasi dari :
  • Pengeluaran tambahan : biaya dan pengeluaran tambahan dari spam elektronik termasuk lebar pita/ bandwidth, mengembangkan surat elektronik/ wiki/ alat spam blog, mengambil alih atau mengakuisisi zombie, dll
  • Biaya transaksi : biaya tambahan dari menghubungi setiap penerima dikalikan dengan jumlah penerima (lihat CAPTCHA sebagai metode meningkatnya biaya transaksi)
  • Resiko : kesempatan dam tegasnya hukum dan publik, termasuk rugi
  • Kerusakan : dampak terhadap masyakarat dan saluran komunikasi menjadi spam (lihat spam newsgroup)
Manfaat yang diharapkan adalah laba total dari spam, yang mungkin termasuk kombinasi dari alasan komersial dan non-komersial yang tercantum di atas. Hal ini biasanya linear, berdasarkan manfaat tambahan untuk mencapai setiap penerima spam tambahan, dikombinasikan dengan tingkat konversi. Tingkat konversi untuk spam botnet yang dihasilkan baru-baru ini, telah diukur menjadi sekitar satu dalam 12.000.000 untuk spam farmasi dan satu di 200.000 untuk situs infeksi seperti yang digunakan oleh Storm botnet.
Spam menjadi lazim muncul di internet karena biaya transaksi dari komunikasi elektronik secara radikal kurang dari segala bentuk komunikasi alternatif, jauh lebih banyak potensi kerugian, seperti yang terlihat dari jumlah spam yang ada saat ini. Spam terus menyebar ke bentuk-bentuk baru komunikasi elektronik sebagai keuntungan (jumlah penerima potensial), kemudian meningkat ke level di mana biaya / manfaat menjadi positif. Spam terus berevolusi untuk mencakup spam wiki dan spam blog sebagai tingkat kenaikan pembaca ke tingkat di mana biaya tambahan tidak lagi menjadi faktor dominan. Berdasarkan analisis di atas, tingkat spam akan terus meningkat sampai analisis / biaya manfaat seimbang.

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Spam

3. Lembaga VeriSign

Lembaga VeriSign Identity Protection (VIP) adalah Jaringan yang menawarkan lapisan keamanan tambahan ketika Anda masuk ke situs web yang menampilkan logo VIP,berarti situs yang anda kunjungi Aman.

sumber: http://vanipradipta.wordpress.com/2012/05/31/lembaga-verisign/

5. Extranet

Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.
Ekstranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.
(http://id.wikipedia.org/wiki/Ekstranet)

Jadi, ekstranet merupakan perluasan dari jaringan intranet yang biasanya menghubungkan jaringan satu jaringan lokal dengan jaringan lokal lainnya. Ekstranet memiliki security yang lebih aman dibandingakan dengan internet.

Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.
Ekstranet adalah sebuah tipe dari sistem informasi interorganisasi yang memungkinkan orang-orang dari luar perusahaan untuk bekerja bersama dengan pekerja yang berada di dalam perusahaan. Secara umum diartikan sebagai sebuah jaringan yang menghubungkan antara mitra-mitra bisnis melalui internet atau dapat diartikan sebagai jaringan yang menghubungkan jaringan-jaringan intranet antara perusahaan-perusahaan yang bekerjasama. Tujuan utama dari ekstranet adalah untuk menggalang terjadinya kolaborasi antara mitra-mitra bisnis, ekstranet dibuka untuk penyuplai, pelanggan, dan mitra bisnis lainnya, dan ditutup umtuk masyarakat umum

5. Pengertian Intranet

Pengertian Intranet
Intranet merupakan jaringan informasi intenal suatu perusahaan atau organisasi yang prinsip kerjanya sama dengan internet. Intranet dapat diartikan sebagai bentuk privat dari internet atau internet yang penggunaannya terbatas pada suatu organisasi/perusahaan. Akses intranet memerlukan identifikasi pengguna dan password sehingga hanya dapat diakses oleh anggota organisasi atau karyawan perusahaan tersebut. Intranet biasanya digunakan untuk membagi kalender/jadwal kegiatan, dokumen, dan sarana diskusi internal yang tertutup, sehingga tidak dapat diakses oleh pihak luar. Teknologi dan konsep internet seperti client-server dan protokol internet seperti HTTP dan FTP juga digunakan untuk membangun sebuah intranet.
Intranet merupakan sebuah jaringan khusus (private network) yang menghubungkan antar komputer dibangun berdasarkan permintaan suatu perusahaan atau organisasi untuk dapat berkomunikasi antar kantornya, dan tidak sembarangan orang dapat mengakses intranet yang di ijinkan hanya anggota perusahaan ataupun organisasi dan institusi tertentu ini karena intranet bukan jaringan publik intranet juga menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket  (packet switching communication protocol) jangkauan intranet pun bervariasi ada LAN area lokal dan WAN area yang luas.


Keuntungan penggunaan intranet bagi suatu organisasi atau perusahaan antara lain :
  • Produktifitas kerja
  • Efisiensi waktu
  • Komunikasi
  • Sistem publikasi web
  • Efektifitas biaya
  • Keseragaman informasi
  • Meningkatkan kerjasama
Intranet juga memiliki beberapa kelemahan antara lain
  • Informasi yang salah atau tidak sesuai sehingga mengurangi efektifitasnya
  • Interaksi di intranet yang mungkin tidak bertanggung jawab
  • Perlu pelatihan khusus untuk anggota dalam menggunakan intranet
  • Perlu tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi atau perusahaan
  • Bisa terjasi overload (data penuh) akibat pengiriman pesan antar pengguna yang tidak terkontril dengan baik.
  http://qabbann.blogspot.com/2011/12/perbedaan-internet-intranet-ekstranet.html


http://itachimaster.blogspot.com/2012/03/perbedaan-internetintranet-dan.html

5. Internet

Secara harfiah, internet (kependekan daripada perkataan 'interconnected-networking') ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Rangkaian pusat yang membentuk Internet diawali pada tahun 1969 sebagai ARPANET, yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh ARPANET termasuk kaedah rangkaian tanpa-pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching).



Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang kita kenal hari ini.
Pada sekitar 1990-an, Internet telah berkembang dan menyambungkan kebanyakan pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada.

Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.


Beberapa layanan populer di internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, perkongsian file (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui internet dimungkinkan untuk berkonikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger.




Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem Tertutup(?)(Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.

Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim.

Perkembangan Internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.

Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government.

keterangan lebih lebih sumber:
http://mig33purwakarta.forumotion.com/t803-internet-adalah



Kelebihan dan Kelemahan Internet

Kelebihannya:
Akses 2.4 jam.
Akses informasi di Internet tidak dibatasi waktu, karena dengan lingkup global, dunia maya yang dihadirkan ‘tidak pernah tidur’.. Responden penelitian yang dilakukan lewat Internet bisa memberikan respon atau jawaban sesuai dengan kondisi dan situasi yang dikehendaki masing-masing individu.
Kecepatan.
Bila dibandingkan dengan sumber data tradisional, riset melalui Internet jauh lebih cepat, karena bersifat real-time. Kita tinggal mengkilk berbagal icon, selanjutnya tinggal menunggu hasil (tentunya tergantung pada fasilitas modem dan ISP atau Internet Service Provicer yang dipergunakan) lebih cepat dan lebih murah.
Kenyamanan.
Peneliti lewat Internet tidak harus menghadapi berbagai persoalan birokratis, seperti ijin dari berbagai instansi untuk keperluan peilgumpulan data, ‘kerahasiaan’ informasi, dan keharusan untuk datang sendirl keinstansi bersangkutan. Selain itu, berbagai fitur (features) yang dirancang khusus dan user-ftiendly sangat memudahkan peneliti mengakses berbagal situs Internet.
Kemudahan akses.
Menjamurnya bisnis warnet (warung Internet) di Indonesia (khususnya di kota-kota besar) membuat akses terhadap Internet menjadi lebih mudah. Persaingan antarwarnet dalam hal harga, kecepatan akses, dan fasilitas pendukung lainnya membuat para pengguna Internet lebih nyaman dan mudah memanfaatkan Internet untuk keperluan riset maupun tujuan lainnya.
Biaya relatif.
Tinggal men-download atau mencetak file/naskah tertentu sesuai kebutuhannya.
Interaktivitas dan fleksibilitas.
Topik dan hasil riset bisa didiskusikan melalui sarana mailing list atau chatting tertentu. Selain itu, peneliti juga bisa mengikuti perkembangan terbaru atau meminta komentar dan penilaian dari berbagai pihak mengenai hasil penelitiannya.
Selektivitas dan anonimitas.
Salah satu persoalan dalam riset lewat Internet adalah sulitnya mengidentifikasi identitas responden. Setiap orang, termasuk yang bukan target respon, bisa mengisi kuesioner secara on-line tanpa bisa dicegah atau dibatasi. Belum lagi -adanya kenyataan bahwa setiap orang bisa memiliki sejumlah alamat e-mail berbeda dan belum tentu menggunakan identitas asli. Semua ini membuat riset secara on-line harus benar-benar selektif dalam menentukan sampling dan cara responden memberikanjawaban.

Kelemahannya:

Kelemahan / Dampak Negatif InternetPenggunaan internet saat ini sudah merasuk pada hampir semua aspek kehidupan. Internet sangat bermanfaat bagi semua kalangan karena memberikan informasi yang up to date setiap saat. Disamping internet mempunyai banyak manfaat, internet juga memiliki dampak negatif apabila tidak digunakan secara baik. Dampak negatif penggunaan internet seiring perkembangannya antara lain:

Adanya ancaman virus
Carding atau pencurian nomor kartu kredit
Adanya aktivitas cracking
Pembajakan karya intelektual
Penyebaran situs-situs yang tidak sesuai dengan moral (pornografi)
Untuk menanggulangi dampak negatif penggunaan internet, maka perlu adanya pengawasan khusus dan aturan yang jelas tentang pemakaian internet terutama dikalangan pendidikan
.

2. Web Hosting


Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.


Pada dasarnya sebuah server web hosting menggunakan adalah sebuah komputer biasa namun menggunakan beberapa komponen dan program dasar sebuah server serta disarankan harus mampu untuk online 24 jam setiap hari dan tanpa harus dimatikan dalam jangka waktu lebih lama daripada komputer biasa


Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu shared hosting, VPS atau Virtual Dedicated Server, dedicated server, colocation server.


1. Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain. Artinya dalam satu server tersebut terdapat beberapa account yang dibedakan antara account satu dan lainnya dengan username dan password.


2. VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.


3. Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.


4. Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.


Sumber: 10 Web Hosting Terbaik Indonesia

Tips Memilih Web Hosting

1. Pelayanan
Web hosting adalah bisnis yang berhubungan dengan jasa, dan jasa berarti pelayanan. Tentu Anda merasa sangat jengkel jika Anda mempunyai kesulitan atau bahkan permasalahan pada web hosting lalu Anda mencoba menghubungi Customer Support namun tidak ada tanggapan. Untuk itu sebelum membeli web hosting, pastikan Anda memilih perusahaan web hosting yang mempunyai Customer Support yang memberikan pelayanan yang terbaik.
Sesuai slogan kami ‘Best Service at Affordable Cost’ IDwebhost memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen. Anda akan langsung ditangani oleh Customer Support kami yang Ramah dan Profesional. Kami selalu siap membantu Anda setiap saat, 24 jam non stop. Dan untuk kemudahan komunikasi antara Anda dengan IDwebhost, kami memberikan banyak cara bagi Anda untuk mengubungi kami (online 24/7), yaitu melalui Email, Online chatting, Blackberry Messenger, Telepon, SMS, serta Pelayanan di kantor IDwebhost.
2. Kualitas Server dan Jaringan
Konsumen yang membeli web hosting tentu menginginkan website dan emailnya selalu bisa diakses dengan lancar, cepat, dan keamanan data yang terjamin. Sebelum Anda membeli hosting ada baiknya jika Anda melakukan cek dan recek untuk kualitas dan kecepatan akses server, dan tentu lebih baik lagi jika perusahaan web hosting tersebut memberikan account trial atau percobaan.
Server adalah hal teknis paling utama dalam dunia hosting, IDwebhost mempunyai beberapa server di dalam dan di luar negeri yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Kami sengaja menggunakan teknologi terkini dan tercanggih serta meletakkan server di datacenter terbaik demi memenuhi kebutuhan stabilitas dan kecepatan akses website Anda. IDwebhost juga memiliki server backup yang terpisah dengan server hosting sehingga data user lebih aman dan terjaga. Jika masih ragu, Anda bisa mencoba account trial yang bisa Anda coba-coba terlebih dahulu melalui www.idwebhost.org
3. Hak atas Domain dan Hosting yang Anda Beli
Barang yang sudah Anda beli merupakan hak Anda sepenuhnya, dan pastikan Anda mempunyai hak akses penuh atas domain dan hosting Anda. Saat ini masih banyak perusahaan yang tidak memberikan hak akses penuh atas domainnya, sehingga menyulitkan jika konsumen ingin melakukan pindah hosting apalagi melakukan transfer domain ke perusahaan lain.
Domain dan Hosting yang Anda beli di IDwebhost merupakan hak Anda sepenuhnya, Anda akan memiliki control panel tersendiri untuk mengelola domain dan hosting Anda. Jika Anda merasa tidak puas dengan pelayanan IDwebhost, Anda mempunyai hak untuk pindah ke perusahaan lain.
4. Perusahaan yang Terpercaya dan Professional
Dalam memilih web hosting pastikan Anda membeli pada perusahaan yang terpercaya karena menyangkut keamanan data dan kelangsungan bisnis Anda. Dan pilihlah perusahaan yang bertanggung jawab dan memberikan garansi atas produk yang dijualnya tersebut.
IDwebhost merupakan perusahaan yang sudah bertahun-tahun berkecimpung di dunia webhosting, sehingga pengalamannya tidak perlu diragukan lagi. Saat ini puluhan ribu website (berdasarkan data webhosting.info) baik dari dalam maupun luar negeri telah mempercayakan hosting mereka kepada IDwebhost. Untuk itu kami akan senantiasa menjaga komitmen sebagai perusahaan webhosting terbaik di Indonesia. Kepuasan konsumen adalah prioritas utama IDwebhost, jika Anda merasa tidak puas dengan pelayanan IDwebhost, kami memberikan jaminan 30 hari uang kembali.
5. Harga
Dalam bisnis jasa, harga merupakan hal terakhir yang bisa dijadikan untuk perbandingan. Karena dengan harga yang sama belum tentu menunjukkan kualitas yang sama. Pepatah mengatakan ‘Ada harga ada rupa’, kebanyakan memang benar. Anda patut curiga jika ada perusahan web hosting yang memberikan harga sangat murah apalagi dengan fitur unlimited. Kita tahu bahwa pada server web hosting memiliki batasan-batasan, space (hardisk) memiliki batasan, traffic/bandwidth memiliki batasan, dan tentu resource dari sebuah komputer/server memiliki batasan. Namun tidak menutup kemungkinan kualitas bagus bisa didapatkan dengan harga yang murah, untuk itu konsumen harus lebih jeli dalam memilih.
IDwebhost berani memberikan harga yang murah, mulai Rp 1.000 per bulan. Namun kami mampu membuktikan bahwa harga murah tidak berarti murahan. Kami tetap menjaga kualitas kami, sedangkan harga tetap murah dan bersaing.
Dengan tips di atas kami berharap Anda menjadi lebih selektif dan tidak asal-asalan dalam memilih web hosting sehingga mendapatkan web hosting terbaik sesuai dengan yang Anda inginkan :) 

sumber:
http://blog.idwebhost.com/redaksi/tips-memilih-web-hosting/

1. Internet Merchant Account

Merchant account merupakan hubungan relasi antara seorang bisnis dengan bank, yang memiliki syarat dan peraturan yang ketat berkenaan dengan pengeluaran merchant accountnya. Jika status merchant account sudah diperoleh selanjutnya, merchant akan menyewa atau membeli software yang dipergunakan untuk proses transaksi. Dalam kasus yang sama tergantung dari bank dan juga tipe bisnis yang akan dioperasikan maka seorang merchant perlu juga membeli atau menyewa hardware yang disebut terminal pengolahan (processing terminal).







Manfaat internet merchant account

 

Jika Anda memiliki sebuah bisnis online, maka anda dapat benar-benar keuntungan dengan mendaftar untuk internet merchant account. merchant account, telah membantu jutaan bisnis mereka meningkat pesat pelanggan dan membuat timbunan beban cepat tunai. ditambah, ada sejumlah manfaat lain seperti keamanan dan efisiensi, terpasang dengan internet merchant account, bahwa Anda hanya dapat ¡¯ t ternilai harganya. mari kita menjelajahi beberapa keuntungan.
Anda akan pasti akan terkejut, oleh banyak manfaat yang internet merchant account akan memberikan Anda dengan. pertama, melalui merchant account, Anda akan dapat menawarkan online Anda pelanggan berbagai pilihan pembayaran yang fleksibel. ini berarti bahwa apa yang kredit atau kartu debit mereka mungkin menggunakan, Anda terbuka untuk menerima mereka semua. di samping ini, Anda juga akan dapat untuk biaya account mereka line swasta, seperti paypal. Oleh itu, dengan berbagai cara untuk menerima pembayaran, Anda akan basis pelanggan dalam dua atau tiga bulan masalah, sehingga Anda dalam membantu Anda untuk mencari keuntungan yang lebih besar.
kedua, walaupun lebih banyak dan lebih banyak orang yang masuk line untuk melakukan pembelian, masih ada jutaan orang yang membosankan berbelanja di internet. mendapatkan internet dapat diandalkan oleh merchant account Anda dapat memberikan Anda pelanggan online keamanan mereka untuk selalu berharap. ini tidak hanya akan membuat Anda tetap mereka, tetapi mereka juga akan memberitahu mereka tentang teman Anda portal web, transparan dan bagaimana pengalaman berbelanja seluruh dilaksanakan. kata ini murni dari mulut periklanan akan membawa Anda lebih banyak pelanggan, anda dapat memiliki kemungkinan pernah membayangkan. ketiga internet merchant account, membantu Anda menyimpan menonton mata atas bisnis Anda dan menyimpan sempurna melacak semua transaksi keuangan Anda. bulanan pernyataan yang diberikan oleh operator selular Anda merchant yang tak ternilai selama periode perpajakan. Anda tidak lagi akan terpaksa harus menghabiskan tdk dpt tidur malam atau membayar Anda akuntan lembur untuk menggambarkan picik ketimpangan dalam neraca. semua itu akan menjadi jelas terima kasih kepada pernyataan catatan bulanan.
sekarang dengan login ke layanan canggih merchant, Anda dapat mencari tahu mengapa kami tak perlu dipersoalkan adalah pemimpin dari semua penyedia layanan merchant. kami adalah salah satu dari beberapa penyedia layanan yang dapat menjamin hari yang sama persetujuan Anda merchant account aplikasi. dengan kami tidak perlu menunggu atau berjalan sekitar untuk mendapatkan aplikasi Anda disetujui. bahkan untuk menerapkan internet merchant account belum pernah lebih mudah. hanya kami hubungi kami di nomor bebas pulsa di 800-613-1413 atau berlaku untuk line merchant account. untuk informasi tambahan lainnya, kunjungi kami lakukan di www.merchant-accounts.com.

 

sumber:

http://www.bershka.me/id/manfaat-internet-merchant-account-NTQxODE.html
http://sumardims.blogspot.com/2012/06/definisi-internet-merchant-account.html

 
Share

Get This